InformasiLife Style

Musim Pancaroba Tiba, Jaga Stamina Tubuh dengan Lakukan Hal ini!

51kali dibaca

Hallo Bekasinians!

Di awal bulan Oktober ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi masa perubahan musim kemarau menjadi musim hujan atau biasa dikenal dengan masa pancaroba. Masa perubahan musim tersebut mempengaruhi labilnya cuaca yang awalnya panas terik menjadi tiba-tiba hujan kemudian panas lagi. Hal ini menempatkan kita pada cuaca ekstreem yang bisa mempengaruhi stamina jika tidak menjaga kesehatan tubuh.

Loh kok bisa sih cuaca ekstreem mempengaruhi kesehatan?
Tentu aja bisa, Beks. Hal ini karena saat suhu udara berubah secara tiba-tiba, tubuh kita pun harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan diri. Selain itu juga dalam kondisi cuaca ekstreem, virus dan bakteri di sekitar berkembang menjadi lebih cepat sehigga penyebaran penyakit lebih mudah terjadi walaupun daya tahan tubuh sedang baik-baik saja. Apalagi covid-19 kini masih berada di sekitar kita, jadi jelas sekali butuh usaha ganda agar kondisi tubuh tetap prima.

Nah karena Minbek sayang banget sama Bekasinians, berikut Minbek kasih tips buat menjaga stamina agar tubuhmu tidak rentan sakit. Disimak baik-baik ya!

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang dapat mendukung kinerja sistem kekebalan imunitas tubuh, Beks. Jenis makanan yang perlu kamu konsumsi di kala musim pancaroba ini antara lain adalah buah, sayur, dan protein. Dengan gizi yang cukup, daya tahan tubuh juga semakin meningkat. Oh iya, jangan lupa buat minum air mineral juga ya, Beks, karena air dapat membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi kita. Konsumsi air mineral minimal 2 liter perhari ya, Beks.

2.Minum Air Hangat

Tidak hanya saat musim pancaroba, minum air hangat memang memiliki banyak manfaat. Diantaranya untuk menghilangkan racun dalam tubuh, menjaga sistem pencernaan, dan memperlancar aliran darah serta sistem saraf. Sedangkan di masa pancaroba seperti sekarang, air hangat bisa menjadi solusi penghangat tubuh serta pencegah flu, Beks.

3. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan.

Musim pancaroba saat ini memang terjadi di masa pandemi, untuk itu menjaga kebersihan menjadi hal yang penting untuk meminimalisir resiko tertular penyakir sehingga tubuh kita tetap sehat. Pastikan untuk selalu membersihkan diri setelah keluar rumah dengan mencuci tangan, mandi hingga mencuci langsung pakaian yang kotor.  Tidak kalah penting untuk rutin mengganti sprei minimal 2 minggu sekali dan membersihkan ventilasi rumah agar udara tetap terjaga bersih. Dan ada baiknya untuk melakukan 3M Plus (menutup, mengubur, munguras) agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk sehingga dapat terhindar dari penyakit D      emam Berdarah.

4. Olahraga 30 Menit sehari

Hayo siapa yang masih suka malas olahraga?
Mulai sekarang coba niatkan untuk berolahraga minimal 30 Menit sehari yuk! Supaya stamina tetap prima di tengah padatnya aktivitas dan musim pancaroba. Dengan berolahraga kekebalan tubuh kita menjadi meningkat dan dapat menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50%.  Bagi kamu yang belum terbiasa berolahraga, jalan santai selama 30 menit juga dapat menjadi pilihanmu, Beks.

5. Mengkonsumsi Suplemen

Selain menunjang kesehatan, konsumsi suplemen dapat memastikan nutrien yang dibutuhkan dalam tubuh dapat terpenuhi. Sehingga organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan daya tahan tubuh juga tetap terjaga.  Pilihan suplemen juga beragam, ada produk alami berupa herbal ataupun bahan alami non tumbuhan, misalnya didapatkan dari hewan. Suplemen sendiri biasanya dikemas dalam bentuk tablet, kaplet, pil, kapsul lunak ataupun cair. Usahakan konsumsi suplemen multivitamin yang mengandung tiga atau lebih jenis vitamin dan mineral ya, Beks.

6. Kendalikan Stress

Stress mempunyai dampak buruk yang dapat mempengaruhi stamina dan kekebalan tubuh kamu, Beks. Apalagi kalau stress-nya berkepanjangan, daya tahan tubuhmu dapat melemah sehingga rentan terkena penyakit. Oleh karenanya kendalikan stress supaya kamu bisa tetap sehat. Jangan lupa bersyukur agar kamu semangat dan dapat merasakan bahagia.

7. Istirahat yang Cukup.

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang tidak boleh disepelekan. Tidur yang cukup memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Walaupun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diikuti dengan tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia. Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang harus dibiasakan. Perbedaan usia juga menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup bagi setiap orang. Saat orang dewasa dan lansia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, remaja dianjurkan tidur selama 9-10 jam, balita dianjurkan tidur selama 11-12 jam setiap harinya, lalu bayi dan batita dianjurkan untuk tidur selama 16-18 jam sehari.

 

Itu dia Beks tips buat jaga kesehatan di musim pancaroba seperti sekarang. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kesadaran diri buat tetap menjaga kesehatan ya. Salam Sehat, Bekasinians.

 

Penulis : Nia Aulia Kurniati
Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response